Friday, September 25, 2009

Mengenal Google

Posted on 10:17:00 PM by Nur Muharram

Jika kita hendak mencari data di internet ataupun mencari informasi lain yang tidak kita ketahui di website mana bisa kita mendapatkannya, biasanya ide yang paling pertama muncul di benak kita adalah, “Cari di google!”. Pengalaman itu yang mungkin pernah atau selalu kita alami selama kita bergelut di dunia internet ini.

Google menjadi alternative pertama untuk memandu kita menjelajahi website-website di internet, saking pentingnya google maka ketika suatu saat kita tidak bisa mengakses google aktifitas kita di internet terasa ada yang kurang, bahkan jadi sedikit linglung :D ..

Beberapa teman saya terkadang kalau mau membuka sebuah website dia tidak mengetikan alamatnya langsung di address bar browser, tapi dia membuka dulu google lalu dia ketikan di kolom pencarian google, hal ini menunjukan begitu pentingnya google, ya dan inilah yang menjadikan google menjadi website yang memiliki traffic paling tinggi di dunia. Bahkan hampir di semua Negara google menjadi peringkat teratas website yang paling banyak di akses.

Itu masih sedikit fakta dan alasan akan pentingnya Google, terlalu banyak fakta dan alasan pentingnya google jika harus saya jelaskan semuanya di postingan ini, mudah2an secara bertahap bisa kita pelajari bersama, pada kesempatan kali ini saya akan coba mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat mengenai Google, apa itu google dan sejarah singkat mengenai google akan saya bahas juga pada postingan ini

Apa itu Google ?
Google pada awalanya adalah sebuah nama yang diberikan oleh para pendirinya untuk menamai sebuah fitur atau layanan pencari, dikenal dengan search engine website atau dengan kata lain mesin pencari. Dengan semakin besarnya Google, maka nama Google pun di daulat untuk menjadi branding sebuah perusahaan besar, Google Inc.

Google Inc, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT. terkenal sebagai sebuah perusahaan layanan mesin pencari dan layanan iklan online. Saat ini google inc merupakan perusahaan besar yang sejajar dengan Microsoft, dan perusahaan besar lainnya.

Google adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Mountain View, California USA, dan saat ini perusahaan cabangnya telah tersebar di seluruh benua di dunia, dengan perwakilan perusahaan yang banyak memungkinkan google memberikan layanan yang terbaik dan hal itu telah dirasakan oleh kita semua saat ini.

Tahun Berapa Google Berdiri ?

Google pada awalanya merupakan project kecil yang dikembangkan oleh dua mahasiswa dari Universitas Stanford, USA. Project berupa pembuatan mesin pencari khusus untuk lingkungan kampus tersebut, project ini disebutkan sebagai salah satu tesis dari kedua mahasiswa tersebut, tepatnya dimulai sejak tahun 1996, namun melihat kinerja nya yang luar biasa maka para pendiri google berinisiatif untuk menjadikan googl seperti ask.com atau yahoo search pada saat itu, yaitu meluncurkannya untuk public, maka pada tahun 1998 Google resmi di gunakan untuk kepentingan umum.

Pada awalnya layanan google ini disimpan sebagai sub domain di web stanford.edu, alamat lengkapnya google.stanford.edu. Adapun domain Google.com nya sendiri di beli pada tahun 15 September 1997.

Dan pada 7 September 1998 resmi menjadi sebuah perusahaan dengan saham pribadi dipegang para pendirinya. pada awalnya para pendiri google menempati sebuah garasi rumah di Menlo Park, California sebagai kantor awalnya. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems
Penasaran siapa pendirinya, ayo kita lanjut pembahasannya ;) .

Siapa Pendiri Google ?

Dari pembahasan diatas disebutkan bahwa google didirikan oleh dua orang mahasiswa dari Stanford university, dua orang pendiri google itu adalah Larry Page dan Sergey Brin, dua orang pemuda yang memiliki intuisi dan bakat luar biasa, dengan kecerdasannya berhasil menciptakan sebuah system pencarian yang berbeda dengan logika mesin pencarian lainnya. Hingga akhirnya kita bisa merasakan manfaat besar dari google.

Oke..untuk psotingan selanjutnya,insya allah akan saya posting tentang search engine yahoo.

Samapai jumpa pada postingan selanjutnya..........

Wassalam,

No Response to "Mengenal Google"